Select a Language

Sabtu, 18 Agustus 2012

Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Idul Fitri

Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Idul Fitri. Letak membaca bacaan ma’asyiral menjelang khutbah idul fitri tidak berbeda dengan letak membaca Bacaan Ma’asyiralMenjelang Khutbah Jum’at sebagaimana telah diuraikan sebelumnya, yakni sebelum membaca bacaan ma’asyiral ini, terlebih dahulu bilal membaca shalawat nabi innallaha wamalaikatahu yushalluna'alannabiy.... dst. Setelah selesai membaca shalawat itu, kemudian khatib naik mimbar selanjutnya mengucapkan salam dan kemudian duduk. Dijelaskan kembali bahwa pada saat itulah bilal idul fitri membaca ma’asyiral ini.

Telah diuraikan pula bahwa ada perbedaan di antara umat Islam, namun perbedaan tersebut diharapkan dapat membawa dan mendatangkan rahmat dan dapat menjadi khazanah Islam dan dinamisnya Islam.

Adapun bacaan ma’asyiral yang dimaksud adalah  


مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ ، أَنَّ يَوْمَكُمْ هذَا لَيَوْمٌ عَظِيْمٌ، عَظَّمَهُ اللهُ وَشَرَّفَهُ، وَمَنْ  يَّرْغَبُ مِنَ الأَيَّّامِ وَ عَرَّ فَهُ، قاَلَ النَّبِى صلى الله عليه وسلم مَنْ صَامَ رَمَضَانَ  ثُمَّ أَتْبَعَهُ بِسِتٍّ  مِّنْ شَوَّالٍ فَكَأَنَّمَا صَامَ  سَنَةَ كُلَّهَا، فَاِذَا صَعِدَ الْخَطِيْبُ عَلَى الْمِنْبَرِ  ( فاَسْتَمِعُوْا خَبَرَ  يَوْمَ عِيْدِ الْفِطْرِ  رَحِمَكُمُ اللهُ   3x)

Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan oleh khatib dalam menyampaikan khutbah, semuanya telah dijelaskan pada artikel tentang Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Jum’at. Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Idul Fitri Sahabat bisa menemukan artikel Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Idul Fitri dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/08/Bacaan-Maasyiral-Menjelang-Khutbah-Idul-Fitri.html, Silahkan kutip artikel Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Idul Fitri jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Bacaan Ma’asyiral Menjelang Khutbah Idul Fitri sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama