Select a Language

Selasa, 01 Mei 2012

Legislasi Syariat Sebagai Bentuk Ijtihad Kolektif

Abstrak
Legislasi Syariat Sebagai Bentuk Ijtihad Kolektif
الخلاصة تفهم الشريعة بأنها كل أنظمة الله تتعلق بالعقيدة، والأخلاق أو الفقه، ولكن منذ زمن بعيد تحصر الشريعة فيما يدل على معنى الفقه. والفقه كما علم هو نتاج إجتهاد الذى يصدر من الكتاب والسنة، وأما القوانين المطبقة في إندونيسيا هى نتاج الفكر أيضا، ولكن لا يصدر كما من مصادر الفقه، وإنما يتأثّر بقوانين الإ ستعمار بل المحافظة على تركة الإستعمار. والآن، ما الفرق بين القوانين المذكورة و بين الفقه الذى يعبّر بالشريعة فيما بعد، وقد علم الجميع أن الكفأة، والثقة، والتكامل بين العلم والإيمان عند المجتهدين أعلى بكثير من منظرى ومواصلى تلك التركة، ومن منطلق هذا فلا حجة في ردّ التقنين أو تقنين الأحكام الإسلامية لتكون القانون المطبق في إندونيسيا، لأن يوميات كل إنسان لا تنفصل عن الشريعة، بل كل ثانية من نفسه تتعلق بالشريعة. وجانب آخر، أن التقنين أخفّ وأسهل من إجتهاد المجتهدين المتقدّمين فى الكشف عن الأحكام، لأن التقنين أو تشريع الشريعة ليكون الأحكام المطبقة لا يكون الا من إقتباس نتاج فكرة الشريعة الموجودة فى كتب المجتهدين. ولكن مع ذلك تسمى هذه العملية إجتهادا وفاعله يسمى مجتهدا، ولكن من مرتبة إجتهاد تحقيق المناط، أو إجتهاد التخريج ثم يعمل إجتهاد ترجيحى أو الإجتهاد تطبيقي. وإن كان هذا الإجتهاد يختلف عن إجتهاد المجتهدين إلا أنه ليس كل الناس يستطيع القيام به، ولكن مهما كان الأمر فلكون المسلمين هم غالبة الشعب، فالذين يمتلكون كفأة قريبة عن كفأة المجتهدين ليسوا قليلا، وهذا الأمر
بالطبع لا ينفكّ عن دورالحكومة. والأنسب هذه الإجراءات تفوض أيضا الى العلماء المجتهدين ا لإندونيسين
.
Abstrak

Selama ini syariat hanya dipahami sebagai segala peraturan Allah baik yang menyangkut akidah, akhlak atau fikih, namun sebenarnya sejak lama bahasa syariat ini direduksi hanya untuk menunjukkan kepada makna fikih. Fikih merupakan hasil ijtihad para mujtahid, namun hasil ijtihad ini selalu bersumber dari Alquran dan Hadis. Undang-undang yang berlaku di Indonesia juga termasuk hasil ijtihad para pakar hukum, namun ia bukan bersumber sebagaimana sumber fikih, tetapi masih dipengaruhi bahkan meneruskan warisan kolonial.

Kini, apa bedanya hukum-hukum tersebut dengan fikih -selanjutnya disebut syariat-, sementara semua orang mengetahui bahwa kompetensi, kredibilitas, integrasi antara keimanan dan keilmuan para mujtahid jauh lebih tinggi daripada perumus dan penerus warisan tersebut. Berdasarkan hal ini, sebenarnya tidak ada argumentasi lagi untuk menolak legislasi atau tasyri’ syariat Islam menjadi undang-undang positif Islam di Indonesia. Hal ini disebabkan dalam kesehariannya setiap orang tidak pernah lepas dari syariat, bahkan setiap detik tarikan napasnya ia selalu bersentuhan dengan syariat.

Selain itu, proses legislasi ini sebenarnya lebih ringan daripada yang dilakukan para mujtahid terdahulu dalam menemukan hukum. Sebab yang dinamakan legislasi atau tasyri’ syariat untuk ditetapkan menjadi hukum positif hanya "memetik" hasil pemikiran yang terdapat dalam berbagai kitab mujtahid terdahulu. Proses seperti ini tetap dinamakan ijtihad dan pelakunya juga dinamakan mujtahid, hanya saja tingkatan ijtihadnya berada pada tingkatan ijtihad tahqiq al-manath, atau ijtihad takhriji yang kemudian dilakukan dengan ijtihad tarjihi, atau dalam istilah lain disebut ijtihad thathbiqi.

Kendati tingkatan ijtihad yang dilakukan berbeda dengan tingkatan ijtihad para mujtahid terdahulu, namun tidak semua orang dapat melakukannya. Walaupun demikian, sebagai bangsa yang mayoritas muslim tampaknya tidak sedikit di antara masyarakat Islam yang berpotensi sesuai atau tidak jauh berbeda dengan kriteria-kriteria seorang mujtahid. Hal ini, dipastikan tidak lepas dari peran pemerintah dan layaknya apabila proses ini juga diserahkan kepada kepada para ulama atau mujtahid di Indonesia untuk melakukan ijtihad thathbiqi tersebut sehingga proses ini pun dapat disebut sebagai ijtihad kolektif.

Kata kunci: legislasi, Syariat, tahqiq al-manath^, ijtihad takhriji, ijtihad thathbiqi, dan Ijtihad Kolektif.

Ditulis Oleh : Abdul Helim

Deskripsi : Artikel ini telah diterbitkan pada PROFETIKA JURNAL STUDI ISLAM, Terakreditasi A,Volume 8, Nomor 1, Januari 2006, ISSN 1411-0881 Program Magister Studi Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Legislasi Syariat Sebagai Bentuk Ijtihad Kolektif Sahabat bisa menemukan artikel Legislasi Syariat Sebagai Bentuk Ijtihad Kolektif dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/04/legislasi-syariat-sebagai-bentuk.html, Silahkan kutip artikel Legislasi Syariat Sebagai Bentuk Ijtihad Kolektif jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Legislasi Syariat Sebagai Bentuk Ijtihad Kolektif sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama