Select a Language

Sabtu, 19 Mei 2012

Alquran sebagai Sumber Inspirasi


Written by : Abdul Helim

الحمدلله الحمدلله الذى أنزل القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان. وبَيَّنَهُ وأحكمه بسنة رسوله الكريم محمد صلى الله عليه وسلم. أشهد ان لا اله إلا الله وحده لا شريك له شهادة يشرح الله لنا بها الصدور. و أشهد ان محمدا عبده ورسوله الذى أقام منار الإسلام بعد الدثور. أللهم صل وسلم على سيدنا محمدوعلى آله وصحبه صلاة وسلاما دآئمين متلازمين إلى يوم البعث والنشور. فيآأيها الحاضرون والسامعون رحمكم الله. أوصى نفسى ونفسكم بتقوى الله حقّ تقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون.

Kaum muslimin, Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Marilah kita selalu bertakwa kepada Allah swt, yaitu dengan cara menyadari dan menjalankan segala perintah yang telah ditentukan Allah serta menjauhi bahkan meninggalkan segala yang dilarang Allah swt baik yang telah ditentukan dalam Alquran, maupun yang telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad saw melalui hadis-hadisnya.

Kaum muslimin, Jama’ah Jum’at rahimakumullah Pada salah satu potongan ayat dalam firman Allah surah al-Baqarah ayat 185 bahwa Alquran :

...أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان...

….diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)…

Berdasarkan firman Allah di atas dapat kita ketahui bersama bahwa pada intinya adalah Alquran merupakan petunjuk dan sekaligus sebagai pembeda antara yang baik dan buruk, pembeda antara yang benar dan salah, pembeda antara yang pantas dan tidak pantas. Bahkan apabila kita mengkaji secara rinci dari ayat-ayat Allah yang lain, Alquran memiliki fungsi yang tidak terbatas. Fungsi-fungsi tersebut baik yang berkaitan dengan hukum, berkaitan dengan etika, berkaitan dengan teologi atau akidah, bahkan ada pula fungsi Alquran yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Artinya, kita dapat menyaksikan bahwa Alquran, ternyata tidak hanya memberikan tuntutan dan tuntutan yang berkaitan dengan kehidupan akhirat, namun Alquran juga sangat memperhatikan bahkan memberikan tuntunan yang berkaitan dengan kehidupan di dunia. Oleh karena itu, dapat pula kita nyatakan bahwa Alquran selalu relevan, selalu cocok, selalu sesuai bahkan selalu dapat berdialog dengan perubahan zaman; shalih likulli zaman. Oleh karena itu pula tidak berlebihan apabila kita nyatakan bahwa Alquran adalah sumber inspirasi bagi setiap manusia, tidak hanya untuk orang islam sendiri, melainkan menjadi sumber inspirasi pula bagi umat yang lain.

Kaum muslimin, Jama’ah Jum’at rahimakumullah.

Salah satu bukti bahwa Alquran merupakan sumber inspirasi, misalnya dalam dunia teknologi, ada istilah atau teori online. Teori online sebenarnya diperkenalkan pakar teknologi dari Barat, namun sebenarnya apabila kita kaji, teori tersebut sebenarnya berasal dari Alquran, khususnya ketika kita shalat yaitu ketika kita mengucapkan takbiratul ihram, itu artinya kita mulai mengkilk tombol OK untuk ber online dengan Allah. Di dalam shalat kita diperintahkan untuk konsentrasi, fokus atau dalam bahasa agama disebut khusyu melaksanakannya, itu artinya sama ketika sedang online di dunia teknologi, kita harus memiliki sinyal yang kuat dan loading tidak terlalu lama sehingga dapat membuyarkan konsentrasi.

Begitu pula dalam teori manajemen, ada istilah yang dikenal dengan planning atau disebut perencanaan. Teori ini diperkenalkan pakar manajemen dari barat yang tujuannya agar setiap kegiatan yang dilakukan, agar setiap langkah dalam kehidupan selalu melakukan perencanaan, sehingga dengan perencanaan tersebut, kita dapat mengetahui segala kegiatan yang kita lakukan, segala langkah hidup yang kita jalani, apakah tercapai atau tidak ketika kita melaksanakannya. Namun, Kaum muslimin, Jama’ah Jum’at rahimakumullah, apabila kita kaji di dalam Alquran, teori perencanaan tersebut, jauh sebelumnya telah diperkenalkan Alquran. Hal ini dapat dibuktikan melalui firman Allah dalam surah al-hasyar ayat 18 yang berbunyi :

يآايها الذين ءامنوا اتقواالله ولتنظر نفس ماقدمت لغد...

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya hari ini untuk hari esok (akhirat); …

Ma qaddamat ligad yang artinya memperhatikan apa yang telah dilakukan untuk hari esok pada firman Allah tersebut dapat kita tafsirkan dan kita buktikan bahwa Alquran telah memperkenalkan teori perencanaan baik berkaitan dengan perencanaan dalam kehidupan di dunia maupun untuk kehidupan di akhirat.

Begitu pula di dunia hukum, terdapat istilah pembuktian hukum atau dalam bahasa Belanda disebut Bewijslast yang lazim dilakukan dalam peradilan. Istilah ini diperkenalkan pakar hukum barat, namun sebenarnya apabila kita kaji, jauh sebelumnya Alquran memperkenalkan istilah pembuktian hukum ini, yaitu ketika di hari pembuktian kelak bahwa malaikat menunjukkan amal perbuatan manusia ketika ia hidup di dunia baik perbuatan positif atau perbuatan negatif. Hal ini dapat dilihat dalam firman Allah surah Qaaf, ayat 23 yang berbunyi :

وقال قرينه هذا مالدى عتيد

dan yang menyertai Dia berkata : " Inilah (catatan amalnya) yang tersedia pada sisiku".

Istilah lainnya yang sering kita sebut “asas praduga tak bersalah,” yang artinya seseorang tidak dapat dikatakan bersalah sebelum adanya bukti. Istilah ini diperkenalkan para pakar hukum di Indonesia, namun apabila kita kaji, sebenarnya di Alquran telah diperkenalkan istilah ini 15 abad yang silam melalui firman Allah dalam surah al-hujarat ayat 12 yang berbunyi :

يآايها الذين ءامنوا اجتنبوا كثيرا من الظن إن بعض الظن إثم...

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan sangka (kecurigaan), karena sebagian dari sangka itu adalah dosa.

Sangka dalam firman Allah di atas tidak berbeda dengan asas praduga tak bersalah yang artinya kita dilarang mencurigai terlebih menuduh orang lain sebelum adanya bukti. Masih banyak lagi permasalahan-permasalahan yang dikemukakan para pakar di berbagai bidang, namun sebenarnya, teori-teori yang diperkenalkan tersebut, semuanya terinspirasi dari Alquran. Salah satunya lagi, dalam dunia pendidikan terdapat istilah “pendidikan karakter” yang tujuannya agar setiap peserta didik dapat merubah sikap dari yang tidak baik menjadi baik. Namun apabila dikaji dalam Alquran, semua bahan yang digunakan dalam pendidikan karakter tersebut diadopsi dari Alquran.

Kaum muslimin, Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Permasalahannya, walaupun teori-teori yang disebutkan di atas merupakan teori-teori yang diperkenalkan Alquran 15 abad yang silam, tapi mengapa kebanyakan teori tersebut diperkenalkan oleh orang barat, bahkan bukan sebagai seorang yang muslim. Jawabannya, adalah kebanyakan di antara kita yang muslim kurang bahkan tidak memahami isi kitab kita sendiri. Kita tidak mengetahui apa yang dimaksud dari ayat-ayat yang kita baca. Dan selama ini, keliru memahami hadis-hadis nabi, yang menyatakan setiap orang yang membaca 1 huruf Alquran diberikan pahala yang berlipat ganda. Padahal kalau kita amati, membaca atau qara’a di dalam hadis nabi tersebut adalah ta’allama atau mempelajari Alquran baik kaitannya dengan membaca huruf-hurufnya juga yang sangat penting memahami pula makna atau maksud dari ayat-ayat Alquran tersebut.

Kaum muslimin, Jama’ah Jum’at rahimakumullah

Kalau kita tengok ke masa penjajahan. Kita mengenal nama snouck hurgronje. Untuk melemahkan Islam, ia pergi ke mekkah, pura-pura masuk islam dan rela pula berganti nama menjadi Abdul Aziz. Di mekkah ia mempelajari islam dan fashih berbahasa Arab, bahkan menguasi sastra arab, sehingga ketika ia ke Indonesia, ia berperan penting dalam membuat devide et ampera atau politik memecah belah umat Islam. Semua itu, tidak lain karena ia menguasai Alquran.

Walaupun di antara kita ada pula yang memahami arti dan maksud dari ayat-ayat Alquran, namun orang yang mengetahui tersebut tidak melengkapi dirinya dengan pengetahuan asbabunnuzul dan sejarah tentang kondisi masyarakat yang seperti apa waktu ayat-ayat Allah tersebut diturunkan. Bahkan yang lebih parah lagi, ada pula di antara kita memahami semua ayat-ayat Alquran secara tekstual, normatif dan doktriner, sehingga ketika ia menjelaskan ayat-ayat Alquran tersebut kepada masyarakat menghasilkan pemahaman yang kering bahkan tidak membawa solusi dan terkadang mendatangkan masalah.

Untuk menjawab permasalahan ini, tidak ada cara lain, kita harus mempelajari Alquran baik dari segi bacaannya maupun dari segi makna dan maksudnya. Bagi kita yang kurang atau tidak memiliki kemampuan berbahasa Arab, tidak perlu berkecil hati, karena pada saat ini kita memiliki terjemahan Alquran. Kalau boleh khatib menyarankan, cobalah kita membaca 1 ayat setiap hari dan baca pula terjemahannya serta pahami pula apa maksudnya, sehingga dengan demikian Alquran yang kita baca bisa hidup dan dapat berdialog dengan pikiran kita.

Begitu pula bagi kita yang telah memiliki kemampuan untuk mengetahui isi Alquran, terlebih bagi kita yang sering diminta fatwanya tentang Islam agar dapat melengkapinya dengan pengetahuan sejarah masyarakat Arab ketika ayat tersebut diturunkan dan tidak semua ayat Alquran dipahami secara tekstual, sehingga dengan pengetahuan tersebut, kita pun dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat sesuai dengan pikiran, budaya dan peradaban masyarakat kita di zaman sekarang. Dengan memiliki pemahaman seperti ini, kita pun dapat memberikan solusi yang merakyat kepada umat dan dapat pula beragama secara kontekstual.

Demikianlah khutbah Jumat yang dapat disampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya dan semoga pula kita menjadi umat muslim yang memahami isi kitab kita sendiri. Amin amin ya rabbal ‘alamin.

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. إقرأ باسم ربك الذى خلق، خلق الإنسان من علق، إقرأ و ربك الأكرم، الذى علم بالقلم، علم الإنسان مالم يعلم. بارك الله لى ولكم فى القرآن الكريم ونفعنى وإياكم بألايات والذكر الحكيم. وتقبل منى ومنكم إنه هوالسميع العليم. وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين.

Khutbah II

الحمدلله الذى جعل القرآن كتابامقدسية وصالحا لكل زمان وصادرا لكل أحكام. أحمده سبحانه وتعالى حَمْدَ عبدٍ معترفٍ بصدقِ اليقين. وأشهد ان لا اله إلا الله وحده لا شريك له المَلِكُ الحقّ المبين. و أشهد انّ سيدَنا محمدا عبده ورسوله سيد الأولين والأخرين. أللهم صل وسلم على سيدنا محمدوعلى آله وصحبه أجمعين
.
أما بعد. فيآأيهاالناس، أوصى نفسى ونفسَكم بتقوى الله حقّ تقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون. ولازموا الصلاة على خير خلقه عليه الصلاة والسلام. فقد أمركم الله بذلك إرشادا وتعليما،وإجلالا لقدر نبيّه وتعظيما. فقد قال الله تعالى "إنّ الله وملائكته يصلّون على النبي، يآيها الذين امنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما". أللهم صل وسلم على سيدنا محمدن النبيِّ الأَوَّاه، محمدوعلى آله وصحبه ومن والاه، وارضَ اللهم عن أصحابه أبي بكر وعمر وعثمان وعلى وعلى سآئر أصحاب نبيك أجمعين وعن التابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.
آمين آمين آمين يارب العالمين. اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات، والمؤمنين والمؤمنات، الأحياء منهم والأموات، إنّك سميع قريب مجيب الدعوات. اللهم إنّا نسئلك الهدى والتقى والعفاف والغنى. اللهم إنّا نسئلك الثبات فى الأمر و نسئلك عزيمة الرشد، ونسئلك شكرنعمتك يآأرحم الراحمين. اللهم أحسن عاقبتنا فى الأمور كلها وأجرنا من خزى الدنيا وعذاب الأخرة، ربّنا اتنافى الدنيا حسنة وفى الأخرة حسنة وقنا عذاب النار. ربّنا تقبّل إنّك أنت السميع العالمين، وتب علينا إنّك أنت التواب الرحيم.
عباد الله، إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وبنهى عن الفحشاء والمنكر والبغى يعظكم لعلكم تذكّرون. فاذكرواالله العظيم يذكركم ، واسئلوه من فضله يعطكم ولذكرالله أكبر.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Alquran sebagai Sumber Inspirasi Sahabat bisa menemukan artikel Alquran sebagai Sumber Inspirasi dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/alquran-sebagai-sumber-inspirasi.html, Silahkan kutip artikel Alquran sebagai Sumber Inspirasi jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Alquran sebagai Sumber Inspirasi sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama