Select a Language

Senin, 07 Mei 2012

Fiqh Elektronik: KTP Online sebuah Tawaran


Abstrak

Fiqh Elektronik: KTP Online sebuah Tawaran. KTP online hanyalah catatan singkat identitas seseorang, namun apabila dikaji lebih lanjut KTP online tidak hanya sebatas yang demikian, melainkan dengan multi guna dan multi fungsi yang melekat padanya baik eksistensinya sebagai media koordinasi data kependudukan antar instansi, multi guna dan multi fungsinya di bidang perkawinan, bidang sensus kependudukan [pekerjaan, pendidikan dan sebagainya], bidang politik, atau di bidang ekonomi sebenarnya telah menunjukkan bahwa KTP online pembawa kemaslahatan dan kebaikan. KTP online memiliki nilai yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain melalui jaringan elektronik secara online. KTP online juga memperbaiki kualitas pelayanan publik, meningkatkan efisiensi dan transparansi kerja, serta dapat membantu meningkatkan kualitas etos kerja aparat pemerintah.

Mashlahah mursalah juga memandang bahwa kemaslahatan yang dibawa KTP online [fiqh] bersifat pasti [bukan perkiraan atau khayalan], membawa kebaikan untuk seluruh penduduk Indonesia [menyeluruh], dapat diterima akal sehat dan tidak bertentangan dengan nas-nas, bahkan melalui teknik induktif kemaslahatan-kemaslahatan tersebut mendapatkan dukungan dari beberapa nas. la juga dipandang sebagai penolak atau setidaknya dapat mengurangi kemudaratan-kemudaratan sistem administrasi kependudukan [KTP manual] yang telah dialami selama ini.

Kata kunci: Fiqh, KTP Online, Mashlahah Mursalah


Penulis : Abdul Helim

Deskripsi : Artikel ini telah diterbitkan di HIMMAH: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Volume IX, Nomor 26, Mei - Agustus 2008, ISSN 1412-4742 STAIN Palangka Raya Kalimantan Tengah
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Fiqh Elektronik: KTP Online sebuah Tawaran Sahabat bisa menemukan artikel Fiqh Elektronik: KTP Online sebuah Tawaran dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/fiqh-elektronik-ktp-online-sebuah.html, Silahkan kutip artikel Fiqh Elektronik: KTP Online sebuah Tawaran jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Fiqh Elektronik: KTP Online sebuah Tawaran sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama