Select a Language

Senin, 07 Mei 2012

Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah


Abstrak

Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Adanya indikasi kerukunan antar umat beragama yang masih terkesan semu merupakan salah satu alasan penelitian ini yang memfokuskan pada gambaran kerukunan dan kerawanan serta landasan filosofis terbentuknya kerukunan dan terjadinya kerawanan sosial di Kota Palangka Raya. Penelitian kasus dengan karakteristik kualitatif ini digali dari beberapa pemuka agama, tokoh masyarakat, kalangan akademisi dan kalangan pemuda dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode interpretasi.

Kajian ini menemukan bahwa kerukunan antar umat beragama di Kota Palangka Raya masih terkesan simbolis. Kendati hal ini masih diperlukan dalam berinteraksi antar pemeluk agama, namun dengan adanya perilaku-perilaku umat beragama yang dapat menimbulkan kerawanan bahkan konflik antar agama, tampaknya kerukunan dengan model di atas tidak dapat dipertahankan bahkan berpotensi menimbulkan kemudaratan kepada setiap pemeluk agama. Langkah tepat untuk mengantisipasi hal demikian
hanya dengan menerapkan kerukunan yang sebenarnya, karena norma dan falsafah setiap agama telah mengajarkan untuk saling menghormati, menghargai, memberikan kebebasan beragama dengan tetap menjaga kebebasan agama lain, dan menerima dengan lapang dada adanya agama yang diyakini orang lain selain dari agama yang diyakininya serta tidak mengusik keyakinan orang lain terlebih berdakwah dengan berbagai cara kepada orang yang telah memilih agama yang diyakininya. Pentingnya bersikap demikian, karena heterogenitas agama merupakan sunnatullah yang dikehendaki Tuhan bahkan merupakan takdir yang ditentukan-Nya. Hal ini tidak lain agar setiap pemeluk agama menjadi kreatif dan dapat membuat keseimbangan serta memakmurkan bumi yang diberikan-Nya. Salah satu upaya tersebut menebarkan kasih Tuhan kepada sesama makhluk seraya menyadari bahwa setiap pemeluk agama adalah saudara kandung yang keluar dari sumber yang sama yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kata Kunci: Kerukunan, Kerawanan, Konflik Umat Beragama


Penulis : Abdul Helim, Abu Bakar, Normuslim dan Ajahari

Deskripsi : Tulisan ini merupakan hasil penelitian kelompok yang dilaksanakan pada tahun 2009 di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah. Tulisan ini juga dapat ditemukan di Digital Library IAIN Palangka Raya.

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah Sahabat bisa menemukan artikel Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/kerukunan-dan-kerawanan-sosial-antar.html, Silahkan kutip artikel Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Kerukunan dan Kerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama