Select a Language

Minggu, 27 Mei 2012

Silabi Mata Kuliah Perbandingan Mazhab Fikih


ushulfikih.blogsot.com Mata Kuliah perbandingan mazhab fikih adalah mata kuliah yang penting dipelajari semua mahasiswa yang mengarahkan disiplin ilmunya ke persoalan Islam, dan terlebih bagi mahasiswa syari’ah yang tentunya sebagai calon pemberi fatwa atau penyampai penjelasan tentang hukum Islam (fikih) kepada masyarakat, sangat diperlukan adanya pengetahuan perbandingan mazhab fikih ini.

Pentingnya pengetahuan perbandingan mazhab fikih ini, tidak lain agar penjelasan hukum yang disampaikan kepada masyarakat tidak hanya menggunakan satu perspektif atau satu persepsi saja, melainkan dapat menyampaikan penjelasan hukum Islam dengan berbagai perspektif yakni berbagai pendapat dari para pakar mujtahid. Hal semacam ini sangat diperlukan, agar hukum atau fikih yang kita sampaikan dapat memberikan solusi kepada masyarakat, bukan mendatangkan masalah, terlebih menyisakan masalah bagi masyarakat. Selain itu, sebagaimana kita ketahui bahwa fikih adalah hasil kreasi ilmiah para pakar yang pendapatnya itu juga harus diakui bersandarkan kepada nas, namun harus pula disadari bahwa kreasi yang dilakukan tidak terlepas dari situasi dan kondisi pada waktu itu, sehingga wajar pula apabila di antara pendapat para pakar tersebut ada yang ada yang tidak relevan lagi dengan zaman sekarang. Oleh karena itu, tentunya diperlukan alternatif jawaban hukum (fikih) dari pakar yang lain yang lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Hal yang sudah menjadi kepastian, alternatif jawaban tersebut juga mesti berdiri di atas dalil yang kuat dan dapat memberikan kemaslahatan kepada masyarakat.

Manfaat lainnya dengan mempelajari mata kuliah ini, setidaknya dapat mengurangi fanatisme mazhab dan belajar agar terbuka dengan perbedaan serta menyadari ada pendapat pakar yang lain selain dari pendapat pakar yang diikuti selama ini. Hal lainnya, tentunya dengan menyadari beberapa hal di atas, maka kita pun tidak gampang menyatakan orang lain yang berbeda dengan kita adalah salah, atau bahkan lebih parah lagi menyatakan sesat pada orang lain. Abdul Helim menilai, selama pendapat para pakar itu berpegang dengan nas (Alquran dan hadis) baik dasar yang digunakan berkaitan secara eksplisit atau pun implisit, maka semua pendapat pakar itu adalah benar dan tidak ada yang salah. Tinggal kita ini saja yang mengkaji kembali untuk memilih di antara pendapat itu sesuai dengan kecenderungan ilmiah kita.

Okey.. para sahabat, tanpa panjang-panjang lagi, bagi yang ingin mengetahui Silabi tentang materi-materi dalam mata kuliah Perbandingan Mazhab Fikih ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Perbandingan Mazhab Fikih Sahabat bisa menemukan artikel Silabi Mata Kuliah Perbandingan Mazhab Fikih dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-perbandingan-mazhab.html, Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Perbandingan Mazhab Fikih jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Perbandingan Mazhab Fikih sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama