Select a Language

Minggu, 27 Mei 2012

Silabi Mata Kuliah Tarikh Tasyri’


ushulfikih.blogspot.com. Mata Kuliah Tarikh Tasyri’ merupakan mata kuliah sejarah pembentukan atau penetapan hukum Islam. Ada salah seorang mahasiswa yang mengatakan kepada Abdul Helim bahwa kalau hanya ingin mengetahui sejarah, maka tanpa kuliah pun dan cukup membaca buku-buku sejarah, misalnya sejarah pembentukan hukum Islam, sebenarnya sejarah itu sudah dapat diketahui. Abdul Helim pun mengiyakan pernyataan mahasiswa tersebut dan membenarkan serta tidak menyalahkan pernyataan itu, karena pernyataan mahasiswa itu hanya berdasarkan perspektifnya saja dan dari hanya dari sudut pandangnya saja.

Oleh karena itu, Abdul Helim pun merasa perlu menjelaskan arti pentingnya mata kuliah ini berdasarkan sudut pandang secara umum. Abdul Helim mengatakan, pentingnya mata kuliah ini tidak hanya karena ingin mengetahui sejarah pembentukan hukum Islam, namun jauh dari itu yang sebenarnya tidak terdapat dalam buku-buku sejarah adalah upaya untuk melakukan pembacaan sejarah dan berupaya pula memberikan kesadaran kepada masyarakat muslim, khususnya mahasiswa tentang sejarah tersebut.

Pembacaan sejarah yang dimaksudkan di sini adalah proses yang dilakukan untuk memaknai sejarah hukum Islam yang dikaitkan dengan kondisi-kondisi pada waktu ditetapkannya suatu materi hukum Islam tersebut, serta merelevansikannya dengan kondisi sekarang, termasuk pula dalam hal ini adalah berkaitan dengan metodologi yang digunakan para pakar dalam menetapkan hukum. Adapun kesadaran yang dimaksudkan di atas adalah suatu proses yang dilakukan untuk menanamkan kesadaran kepada mahasiswa bahwa situasi dan kondisi baik sosial, budaya, politik, ekonomi, pendidikan, pekerjaan suatu masyarakat, sebenarnya berpengaruh dalam pembentukan serta penetapan hukum Islam. Hal yang pasti harus disadari bahwa tidak mungkin suatu hukum tiba-tiba ada tanpa adanya hal-hal yang melatarbelakanginya, tentunya beberapa hal yang disebutkan di atas ikut mempengaruhi terbentuknya suatu hukum. Nah.. inilah yang dimaksud Abdul Helim sebagai upaya pemaknaan sejarah dan kesadaran terhadap sejarah tersebut. Oleh karena itu pula, Abdul Helim pun memberanikan diri untuk mengatakan bahwa apabila kajian-kajian sejarah tidak menyertakan dua kajian yang dimaksud di atas, maka sama artinya belajar sejarah tapi tidak kenal sejarah. Orang yang tidak kenal sejarah, maka akan dibunuh oleh sejarah.

Okey.. para sahabat, tanpa panjang-panjang lagi, bagi yang ingin mengetahui Silabi tentang materi-materi dalam mata kuliah Tarikh Tasyri’ ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Tarikh Tasyri’ Sahabat bisa menemukan artikel Silabi Mata Kuliah Tarikh Tasyri’ dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-tarikh-tasyri.html, Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Tarikh Tasyri’ jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Tarikh Tasyri’ sebagai Sumbernya.

2 komentar:

  1. Halo sobat, salam kenal ya. Saya rasa ada hubungan antara blog kita, blog TABUHGONG dan blog sobat (mf nama blog panjang) jadi mungkin kita bisa saling folbek. Thx ya sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sahabat atas kunjungannya. saya juga telah membalas kunjungan ke blog sahabat. ok kita bisa saling folbek.

      Hapus

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama