Select a Language

Kamis, 24 Mei 2012

Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam


Deskripsi mata kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam menurut Abdul Helim, tampaknya tidak terlampau berbeda dengan deskripsi mata kuliah Perkembangan Pemikiran dalam Islam. Kata perkembangan di atas sudah jelas digunakan untuk menunjukkan adanya proses perubahan ke arah yang lebih baik, yang lebih positif dan lebih membawa kepada kemaslahatan atau kebaikan untuk umat. Perubahan yang lebih baik tersebut, tidak lain adalah berkaitan dengan pemikiran, yang asalnya pola pikir yang dimiliki masih terkungkung oleh doktrin-doktrin yang “mematikan” kreativitas berpikir, menjadi berkembang dan jernih serta kritis demi tercapainya kemajuan. Bedanya, mata kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam lebih memfokuskan dan mengaitkan pemikiran-pemikiran yang dibahas dalam mata kuliah ini ke arah perkembangan hukum Islam.

Berdasarkan hal demikian, mata kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam sebenarnya ingin menunjukkan bahwa untuk tercapainya kemajuan dalam hukum Islam yang dinamis dan kontekstual serta merakyat, mesti mengetahui perkembangan pemikiran-pemikiran hukum Islam di setiap perjalanannya. Melalui disiplin ilmu inilah diawali proses tersebut, sehingga setiap pestudinya dapat bercermin terhadap gaya berpikirnya tokoh-tokoh yang dijadikan objek kajian dalam mata kuliah ini. Tujuan utamanya adalah agar umat Islam dapat berpikir kritis, logis, kontekstual dan tidak menggali (berijtihad) hukum Islam secara normatif dan tekstual tanpa memperdulikan situasi dan kondisi.

Dalam mata kuliah ini, kita dapat melihat bahwa tokoh-tokoh pembaharu hukum Islam, selalu mengaitkan gaya berpikirnya secara kontekstual, tentunya kita sebagai generasi penerusnya dapat melanjutkan apa yang telah mereka lakukan, bahkan bisa lebih baik dari apa yang para tokoh tersebut. Okey.. para sahabat, untuk lebih jelasnya, bagi yang ingin mengetahui materi-materi dalam mata kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam Sahabat bisa menemukan artikel Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-perkembangan_24.html, Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Hukum Islam sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama