Select a Language

Rabu, 23 Mei 2012

Silabi Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam


Abdul Helim sependapat dengan pendapat yang mengatakan bahwa “orang yang tidak kenal sejarah akan dibunuh oleh sejarah.” Ungkapan yang penuh filosofis ini, tentunya mengandung makna yang sangat dalam, termasuk pula memberikan pengaruh terhadap teori-teori dalam pembentukan hukum Islam (ushul fikih). Oleh karena itu mata kuliah Sejarah Peradaban Islam cukup penting dipelajari oleh setiap mahasiswa atau pun masyarakat muslim lainnya.

Abdul Helim melihat bahwa pentingnya mata kuliah ini diketahui adalah karena kedudukannya sebagai sejarah umat Islam terdahulu. Dari sejarah-sejarah tersebut, kita yang hidup di zaman sekarang dapat bercermin untuk kehidupan kita di zaman sekarang. Bercermin itulah yang merupakan salah satu bentuk pembacaan sejarah. Hal-hal yang begitu cerdas dilakukan orang-orang terdahulu, mestinya dapat ditiru oleh orang di zaman sekarang bahkan dapat melebihi dari yang dilakukan mereka, sebaliknya perilaku-perilaku buruk atau tidak etis yang dilakukan orang-orang terdahulu, mestinya tidak kita tiru atau jangan sampai lebih parah lagi dibandingkan dengan zaman waktu itu.

Menurut Abdul Helim, melalui mata kuliah sejarah peradaban islam inilah perlunya kita melakukan pembacaan sejarah. Pembacaan sejarah yang dimaksudkan di sini adalah melakukan pemaknaan terhadap sejarah masa lalu yang kemudian dijadikan sebagai pelajaran di zaman sekarang. Menurut Abdul Helim, hal lain yang termasuk melakukan pembacaan sejarah berupaya untuk menggali pesan-pesan tersirat dibalik sejarah yang terjadi pada waktu itu, misalnya kemajuan intelektual dan tumbuhnya para pakar di berbagai disiplin ilmu pengetahuan pada zaman dinasti abbasyiah. Para pakar ini berkompetisi di bidangnya masing-masing untuk menggali islam dengan cara yang mendalam, tanpa adanya saling menyalahkan dan tanpa mengklaim bahwa dirinya dan alirannya yang paling benar dan yang lain salah. Hal seperti inilah yang perlu menjadi pedoman hidup bagi umat Islam di zaman sekarang. Okey.. para sahabat, tanpa panjang-panjang lagi, bagi yang ingin mengetahui materi-materi dalam mata kuliah Sejarah peradaban Islam ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam Sahabat bisa menemukan artikel Silabi Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-sejarah-peradaban.html, Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam sebagai Sumbernya.

1 komentar:

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama