Select a Language

Selasa, 22 Mei 2012

Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam


Menurut Abdul Helim, apabila kita melihat kata “perkembangan” tersebut, sudah jelas menunjukkan bahwa adanya proses perubahan ke arah yang lebih baik, yang lebih positif dan lebih membawa kepada kemaslahatan atau kebaikan untuk umat. Perubahan yang lebih baik tersebut, tidak lain adalah berkaitan dengan pemikiran, yang asalnya pola pikir yang dimiliki masih terkungkung oleh doktrin-doktrin yang “mematikan” kreativitas berpikir, menjadi berkembang dan jernih serta kritis demi tercapainya kemajuan. Berdasarkan deskripsi singkat plus sederhana di atas, melalui mata kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam sebenarnya tidak kalah pentingnya dengan mata kuliah yang lain. Justru dengan mengikuti mata kuliah ini, umat Islam khususnya para mahasiswa yang mendisiplinkan dirinya dalam kajian keislaman atau hukum Islam, dapat melatih dirinya untuk merubah gaya berpikirnya dengan cara menjadikan pelajaran terhadap pembaharuan-pembaharuan yang dilakukan para pejuang pembaharuan tersebut.

Sangat ironi, apabila gaya berpikir sebagian orang-orang yang hidup di zaman sekarang ada yang masih tekstual, rigid, kaku dan menolak perubahan. Bahkan yang lebih parah lagi, apabila ia menganggap bahwa seakan-akan ia kondisi kehidupan yang ditempuhnya saat ini, seperti kondisi di waktu zaman nabi, bahkan ia pun tampak memaksa seakan-akan saat ini adalah seperti di zaman nabi. Oleh karena itu, wahai sahabatku, melalui mata kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam, Abdul Helim mengajak kepada kita semua agar dapat memahami agama dan ajaran-ajarannya (selain dari ibadah murni) secara kontekstual, dengan mengambil contoh gaya-gaya pemikiran para tokoh pembaharuan tersebut.

Okey.. para sahabat, untuk lebih jelasnya, bagi yang ingin mengetahui materi-materi dalam mata kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam Sahabat bisa menemukan artikel Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-perkembangan.html, Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama