Select a Language

Jumat, 10 April 2015

Narkotika Menghancurkan Masa Depan Anak-Anak Bangsa

Khutbah jumat tentang Narkotika Menghancurkan Masa Depan Anak-Anak Bangsa

الحمدُ للهِ الذِي أَحَلَّ لنَا الطَّيِّباتِ، وحَرَّمَ علينَا الخبائثَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ.، اللهُمَّ صَلِّ وسَلِّمْ وبَارِكْ علَى سيدِنَا محمدٍ وعَلَى آلِهِ وأصحابِهِ أجمعينَ ومَنْ تبعَهُمْ بإحسانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ. أمَّا بَعْدُ: فيا أيها المسلمون أوصى نفسى ونفسكم بتقوى الله عز وجل وتمسك بهذا الدين تمسكا قويا والاستقامة في سبيله. قَالَ اللهُ تَعَالَ: وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا... وقال أيضا يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

معاشر المسلمين رحمكم الله
Dengan penuh kerendahan hati dan terpusatnya konsentrasi alam pikiran kita, maka khatib ingin mengajak kepada kita semua agar senantiasa mengistiqamahkan keimanan dan ketaqwaan kita yang memang kadangkala bertambah dan kadangkala pula berkurang, yaitu dengan terus melaksanakan apa yang menjadi perintah Allah dan rasul-Nya, dan menjauhi sekaligus berupaya meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya.
Selain itu, rasa syukur yang paling dalam, mesti pula kita curahkan kehadirat llahi Rabbina yang telah menganugerahkan beraneka ragam kenikmatan-Nya, sehingga kita tidak mampu menghitung secara kuantitatif semua nikmat dan anugerah Allah Ta’ala itu. Tak lupa pula, shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada baginda kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang benar kepada kita semua. Tinggal kita saja lagi memilih, apakah kita ingin berada di jalan yang benar atau lebih menikmati di jalan yang salah.


معاشر المسلمين رحمكم الله
Saat ini yaitu tepatnya pada tanggal 1 Pebruari 2013, kita berada di hari yang ke – 20 di bulan Rabi’ul Awwal, dimana kita juga dipastikan mengetahui bahwa pada bulan ini, di berbagai penjuru dunia ini, umat muslim memperingati kelahiran Nabi kita, Nabi besar Muhammad SAW, walaupun kalau dirasa-rasa, kemeriahan pelaksanaan peringatan tersebut kian tahun tampaknya kian menurun. Mestinya, kita tetap semangat karena hal tersebut termasuk salah satu syiar Islam khususnya kepada sesama umat Islam. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya, kita juga mesti dapat mengambil pelajaran dari memperingati kelahiran nabi ini, agar kita juga dapat mendapatkan kenyamanan dalam beragama Islam dan sangat membutuhkan agama Islam, serta dengan tulus ikhlas melaksanakan ajaran-ajaran Islam yang dibawa oleh nabi besar Muhammad SAW.
معاشر المسلمين رحمكم الله
Salah satu ajaran yang dibawa nabi Muhammad SAW adalah menjaga kesehatan baik kesehatan fisik maupun psikis berupa jiwa dan pikiran adalah wajib, sehingga dengan kesehatan tersebut, umat muslim juga dapat memiliki tubuh, jiwa dan pikiran yang kuat yang akhirnya dapat pula merasakan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Kenapa kita diperintahkan untuk sehat, karena Nabi Muhammad sendiri telah bersabda

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ
"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dibanding dengan mukmin yang lemah"(HR Muslim 4816 kutubuttis’ah)

Berdasarkan hadis nabi di atas, kita diwajibkan menjaga kesehatan tubuh kita, menjaga kesehatan jiwa kita dan menjaga kesehatan akal pikiran kita. Tujuannya tidak lain adalah agar untuk kebaikan kita sendiri dan kita pun dapat melaksanakan fungsi kita sebagai khalifah Allah untuk melaksanakan segala kewajiban yang dibebankan kepada kita serta memakmurkan bumi ini.

Dengan adanya kewajiban menjaga kesehatan tersebut, maka hal ini menunjukkan bahwa betapa mulianya kehidupan manusia ini dan Allah pun telah menyatakan kemuliaan manusia tersebut di dalam Alquran. Oleh karena itu, tentunya diharamkan pula kepada manusia untuk tidak menjaga kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran atau melakukan hal-hal yang dapat mendatangkan kemudaratan serta kesengsaraan di dunia ini, terlebih lagi di akhirat. Dalam hal ini Rasulullah Saw bersabda :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ
"Janganlah mendatangkan kemudaratan pada orang lain dan jangan pula dimudaratkan oleh orang lain"(HR Ibnu Majah 2341)

معاشر المسلمين رحمكم الله

Salah satu hal yang dapat merusak kesehatan tubuh, jiwa, dan akal kita serta dapat mendatangkan kemudaratan kepada kita adalah meminum khamar. Oleh karena itu khamar diharamkan dalam Islam. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. al-Maidah ayat 90 :
               
Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Khamar itu sendiri adalah suatu zat yang dapat memabukkan baik dimakan atau pun diminum, sehingga khamar dapat menimbulkan efek negatif kepada tubuh, jiwa dan akal pikiran manusia. Terkait dengan permasalahan ini, Nabi Muhammad juga bersabda :

عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَكُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ
: "Setiap yang memabukkan adalah khamar, dan setiap khamar adalah haram"(HR Muslim 3735)

Apabila dikaitkan dengan zaman kita sekarang dan bahwa berdasarkan hadis nabi di atas, minuman-minuman keras dengan berbagai macam nama, begitu juga dengan narkoba atau narkotika dengan berbagai jenis beserta turunan-turunannya, dalam hukum Islam juga disebut khamar yang berarti hukumnya juga haram.

معاشر المسلمين رحمكم الله
Kenapa minum-minuman keras dan narkotika/narkoba diharamkan dalam Islam, jawabannya adalah karena dalam ajaran Islam, barang-barang itu memang diharamkan. Selain itu minum-minuman keras dan narkotika/narkoba merupakan penyakit sosial yang dapat meresahkan kehidupan di masyarakat. Termasuk juga, barang-barang haram itu dapat menguras harta yang dimiliki dan disebut juga menyia-nyiakan sumber daya manusia yang menyebabkan pengguna barang-barang ini menjadi orang yang tidak produktif atau tidak dapat berfungsi sebagai manusia yang seharusnya. Intinya, haramnya minum-minuman keras dan narkotika/narkoba adalah karena memiliki dampak atau efek yang sangat negatif pada tubuh, jiwa dan akal pikiran, bahkan dapat berakhir dengan kematian. Oleh karena itu minum-minuman keras dan narkotika/narkoba juga disebut sebagai pembunuh yang dapat mengancam bahkan merusak kehidupan anak-anak kita, saudara-saudara kita, bahkan mungkin juga orang tua kita. Kenapa disebut seperti demikian, jawabannya adalah karena minum-minuman keras dan narkotika/narkoba tidak memandang usia, jenis kelamin dan tingkat ekonomi. Semua orang berpotensi diserang barang haram ini yang akhirnya bisa mencintainya, padahal, mungkin mereka tidak menyadari bahwa barang-barang yang mereka konsumsi dapat menghancurkan kehidupan mereka, menghancurkan masa depan mereka bahkan juga termasuk penjajahan terhadap bangsa dan negara kita.
Oleh karena itu pula, kita perlu menyatakan perang terhadap narkotika/narkoba ini. Harus kita sadari bahwa minum-minuman keras dan narkotika/narkoba bukan dijadikan bahan dagangan, tetapi ia adalah penghancur diri kita, diri anak-anak kita, diri saudara-saudara kita, keluarga-keluarga kita, teman-teman kita, dan masyarakat muslim secara umum.

معاشر المسلمين رحمكم الله
Satu hal yang perlu kita ketahui bahwa kini Indonesia sebagai salah satu negara yang menjadi tempat dan jalur peredaran narkotika/narkoba. Maka, kita pun perlu berhati-hati, kita juga perlu mengawasi diri kita sendiri dan diri anak-anak kita, baik dari perilakunya sebagai pribadi, atau pun lingkungan bergaulnya, jangan sampai salah memilih teman yang justru dapat membawa kepada kehancuran dan kebinasaan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. al-Baqarah ayat 195

        •    
dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Begitu juga dalam firman Allah yang lain yaitu pada Q.S. an-Nisa ayat 29

     •     
Janganlah kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

Apabila dikaitkan dengan firman Allah di atas, maka meminum minum-minuman keras dan memakai narkotika/narkoba adalah dengan menjatuhkan diri kita ke dalam kebinasaan dan sama juga membunuh diri kita sendiri. Adapun orang yang menginjinkan peredaran barang-barang haram ini atau orang yang mengedarkannya, itu termasuk penjajah dan dalam Alquran mereka disebut sebagai penghancur dan pembunuh.

معاشر المسلمين رحمكم الله
Untuk mengatasi permasalahan ini atau setidak-tidaknya menguranginya, karena pemakai barang-barang haram ini hampir dilakukan oleh setiap kalangan, maka di setiap lembaga sangat diharapkan untuk lebih meningkatkan usahanya, seperti di masjid, di sekolah, universitas, media massa, dan lembaga-lembaga pengobatan untuk memerangi penyakit dan menjauhi dari bahaya minum-minuman keras, narkotika/narkoba. Begitu juga semua lini sangat diharapkan memilih teman yang justru dapat membunuh diri kita dan anak-anak kita. Begitu juga kepada adik remaja, isilah waktu kita dengan belajar ilmu yang bermanfaat dan melakukan perbuatan yang shalih sehingga dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan Negara. Termasuk pula berolahraga agar dapat terbangun raga yang sehat dan menghadiri kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, serta menjauhi untuk menyendiri dalam menyendiri dalam kekosongan, karena apabila jiwa tidak dipenuhi oleh ketaatan maka akan melenceng pada perbuatan kemaksiatan.

Selain itu hendaknya kita mempererat hubungan keluarga dan memperkuat hubungan sosial dalam arti positif, dan begitu juga hendaknya kita sebagai orang tua memahami betul tanggung jawab kita untuk menanamkan etika, keutamaan dan adab pada jiwa anak-anak kita, dan selain melindungi diri kita sendiri, kita juga wajib melindungi diri anak-anak kita dari bahaya barang-barang haram tersebut yang setiap waktu selalu mengelilingi anak-anak kita.

Demikianlah khutbah yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan semoga Allah melindungi kita dari segala keburukan, dan membawa kita pada setiap kebaikan, semoga Allah memberikan taufiq untuk selalu taat di jalan Allah dan mentaati orang-orang yang diperintah Allah untuk ditaatinya. Tentunya, doa saja tidak cukup, karena itu, kita pun mesti berupaya melalui usaha-usaha yang kita lakukan agar selalu dalam naungan hidayah dan taufiq Allah SWT.

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم. ولا تلقوا بأيديكم الى التهلكة، وأحسنوا إن الله يحبّ المحسنين... بسم الله الرحمن الرحيم. ولا تقتلوا أنفسكم إنّ الله كان بكم رحيما. بارك الله لى ولكم فى القرآن الكريم ونفعنى وإياكم بألايات والذكر الحكيم. وتقبل منى ومنكم إنه هوالسميع العليم. وقل رب اغفر وارحم وأنت خير الراحمين.


Khutbah Kedua

الحمدلله الذى جعل الخمر وجعل كلَّ شيء مثل الخمر حراما الذى لا بدَّ علينا ان نجتنبوه لعلّنا نتقون. أشهد أن لااله الاّ الله وحده لاشريك له الملك الرحيم الغـــفّار. واشهد أنّ سيّدنا محمّدا عبده ورسوله أفضل من قلّد الهدى وسنّ الأ شعار. اللّهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد وعلى اله وأصحابه ا لأ طهار..
أما بعد. فيآأيهاالناس، أوصى نفسى ونفسَكم بتقوى الله حقّ تقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون. ولازموا الصلاة على خير خلقه عليه الصلاة والسلام. فقد أمركم الله بذلك إرشادا وتعليما،وإجلالا لقدر نبيّه وتعظيما. فقد قال الله تعالى "إنّ الله وملائكته يصلّون على النبي، يآيها الذين امنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما".
أللهم صل وسلم على سيدنا محمدن النبيِّ الأَوَّاه، وعلى آله وأصحابه ومن والاه، وارضَ اللهم عن أصحابه أبي بكر وعمر وعثمان وعلى وعلى سآئر أصحاب نبيك أجمعين وعن التابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.
آمين آمين آمين يارب العالمين. اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات، والمؤمنين والمؤمنات، الأحياء منهم والأموات، إنّك سميع قريب مجيب الدعوات. اللهم إنّا نسئلك الهدى والتقى والعفاف والغنى. اللهم إنّا نسئلك الثبات فى الأمر و نسئلك عزيمة الرشد، ونسئلك شكرنعمتك يآأرحم الراحمين. اللهم أحسن عاقبتنا فى الأمور كلها وأجرنا من خزى الدنيا وعذاب الأخرة، ربّنا تقبّل إنّك أنت السميع العالمين، وتب علينا إنّك أنت التواب الرحيم.ربّنا اتنافى الدنيا حسنة وفى الأخرة حسنة وقنا عذاب النار.
عباد الله، إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وبنهى عن الفحشاء والمنكر والبغى يعظكم لعلكم تذكّرون. فاذكرواالله العظيم يذكركم ، واسئلوه من فضله يعطكم ولذكرالله أكبر.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Narkotika Menghancurkan Masa Depan Anak-Anak Bangsa Sahabat bisa menemukan artikel Narkotika Menghancurkan Masa Depan Anak-Anak Bangsa dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2013/02/narkotika-menghancurkan-masa-depan-anak-anak-bangsa.html, Silahkan kutip artikel Narkotika Menghancurkan Masa Depan Anak-Anak Bangsa jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Narkotika Menghancurkan Masa Depan Anak-Anak Bangsa sebagai Sumbernya.

4 komentar:

  1. khutbahnya bagus ijin nyimak, dan menyebarkan berita penting ini,gan.

    BalasHapus
  2. Assalamu 'Alaikum wr wb
    Artikel diatas sungguh bermanfaat, terutama buat pribadi saya, sehingga saya bisa waspada agar keluarga saya bisa terhindar dari Narkoba..

    BalasHapus
  3. awas sekali terjun ke narkoba tuk menyembuhkannya lebih sakit dari menyisit kulit dari badan

    BalasHapus
  4. lebih baik berikan tampatran keras bila anak coba2 terjun ke narkoba,sebab tamparan nanti kalau sudah terjerumus tidak akan ada artinya

    BalasHapus

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama