Select a Language

Senin, 14 Mei 2012

Silabi Mata Kuliah Hadis


Mata kuliah Hadis adalah mata kuliah yang ada di setiap jurusan baik Jurusan Syari’ah (hukum Islam), Tarbiyah (pendidikan), Dakwah, Ushuluddin dan Jurusan lainnya. Standar kompetensi yang ingin dicapai dengan mempelajari mata kuliah hadis ini adalah agar mahasiswa dapat memahami dan menghayati ajaran Nabi Muhammad SAW dalam aspek keimanan, pergaulan dan akhlak.

Abdul Helim mengatakan bahwa memahami yang dimaksudkan di atas adalah memahami apa yang dimaksud dari hadis tersebut, baik dari segi bahasanya, latar belakang (asbabul wurud) hadis tersebut beserta sejarah masyarakat Arab yang menerima hadis kala itu. Sejarah tersebut baik berkaitan dengan situasi dan kondisi masyarakat waktu itu, sosial, budaya, politik dan hal-hal lain yang berkaitan.

Hal di atas tidak lain agar kita dapat memahami hadis tersebut (apa pun hadisnya) berdasarkan situasi dan kondisi zaman kita sekarang. Dikatakan dalam bahasa lain adalah agar kita dapat memaknai hadis-hadis nabi dengan cara menyesuaikan (merelevansikan) hadis dengan kehidupan sekarang. Hal ini sangat diperlukan agar makna yang kita sampaikan tidak kering, kurang subur dan kurang pula merakyat dengan kehidupan masyarakat di zaman sekarang, karena sebagaimana kita ketahui bahwa hadis-hadis tersebut dikemukakan nabi berdasarkan situasi dan kondisi pada waktu itu yang tentunya sangat berbeda dengan kondisi sekarang.

Adapun yang dimaksud dengan menghayati hadis-hadis nabi, menurut Abdul Helim, sepertinya tidak berbeda dengan pemahaman kebanyakan orang, yakni ajaran-ajaran atau nilai-nilai pendidikan dalam hadis tersebut mesti disadari dalam diri masing-masing dan dapat diaplikasikan secara nyata dalam kehidupan dengan tetap memperhatikan kondisi kehidupan kita sekarang. Oh ya.. Bagi yang ingin mengetahui materi-materi dalam mata kuliah hadis ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Hadis Sahabat bisa menemukan artikel Silabi Mata Kuliah Hadis dengan URL http://ushulfikih.blogspot.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-hadis.html, Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Hadis jika dipandang menarik dan bermanfaat, namun, tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Hadis sebagai Sumbernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Kami berharap anda dapat memberikan komentar, tetapi komentar yang relevan dengan artikel dan diharapkan menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama